• Selamat datang

Gejala Penyakit Beri-Beri Dan Pencegahannya

Gejala penyakit beri-beri adalah penyakit yang menyerang saraf karena tubuh kekurangan suplai vitamin B1. Penyakit ini akan menimbulkan pembengkakan dan pembesaran ukuran pada betis. Penyakit ini jelas sangat berbahaya karena apabila tidak ada tindakan medis secepatnya setelah penyakit ini timbul, penderita akan mengalami kematian dalam waktu dekat. Penyakit ini dinamakan beri-beri dikarenakan gaya berjalan penderita seperti hewan biri-biri yang diakibatkan gangguan motorik oleh polineuritis. Penyakit ini awalnya timbul pada jaman dahulu saat umat manusia dalam masa peperangan, tentara yang kurang mendapatkan suplai makanan bergizi yang mengandung vitamin B1 mengalami pembengkakan dibagian betis dan merasakan sulit berjalan, itulah yang menyebabkan penyakit beri-beri muncul dan dikenal sampai saat ini.

Gejala Penyakit Beri-Beri

Penyakit dan gejala beri-beri timbul disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B1 dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan atau pembesaran pada bagian betis penderita. Fungsi dari vitamin B1 itu sendiri adalah untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, berperan dalam penyerapan lemak dalam usus dan membantu metabolisme karbohidrat. Vitamin B1 sendiri terdapat dalam makanan tertentu seperti beras merah, kuning telur, jantung, hati, susu, otak katul, wortel, ragi, kacang hijau, gandum, serta kacang hijau.

Penyakit beri-beri memiliki gejala yang cukup serius  pada tubuh penderita, antara lain:

  • Kaki dan tangan merasakan kesemutan dan lemas luar biasa.
  • Lutut terasa lemah, cepat lelah jika berjalan.
  • Tumit terasa sangat pegal.
  • Kaki terlihat bengkak, dan apabila diberi sentuhan atau tekanan oleh jari, bekas lekukan yang terjadi akan sulit pulih.
  • Nafsu makan penderita menurun drastis.
  • Urat-urat pada betis terasa sakit dan akan sulit jika hendak berjalan.
Gejala penyakit beri-beri dibagi 3 jenis yaitu beri-beri kering, basah, dan jantung. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat sebagai berikut:

Penyakit beri-beri kering

Penderita akan mengalami penebalan kaki dan kesemutan pada seluruh anggota badan, otot-otot tubuh menjadi lelah serta berkurang kekuatannya, Penderita mengalami kelelahan dengan cepat serta sesak napas saat melakukan kegiatan walaupun sedikit.

Penyakit beri-beri basah

Penderita akan mengalami pembengkakan hampir diseluruh tubuh. Pembengkakan ini berisi cairan yang bilamana terjadi tekanan, penderita akan merasakan sakit dan bekas tekanan sulit kembali.

Penyakit beri-beri jantung

Gejala pada penyakit beri-beri jenis ini ditandai dengan rasa tekanan pada ulu hati, jantung berdebar saat melakukan kegiatan walau sedikit, sesak napas. Penyakit beri-beri jenis ini dinilai paling parah karena gejalanya bisa muncul secara mendadak dan langsung menyerang penderita sehingga penderita bisa meninggal dalam waktu dekat apabila tidak dilakukan tindakan medis secepatnya.

Untuk mencegah terjangkitnya penyakit beri-beri ini, dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung vitamin B1 seperti beras merah, kuning telur, jantung, hati, susu, otak katul, wortel, ragi, kacang hijau, gandum, serta kacang hijau. Karena diketahu sebelumnya vitamin B1 sangat berguna dalam penyerapan lemak dalam usus dan membantu dalam metabolisme karbohidrat sehingga terhindar dari gejala penyakit beri-beri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar